Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan


Brokoli merupakan tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae, berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah di budidayakan sejak zaman Yunani Kuno. Brokoli sering tertukar dengan kembang kol. Untuk membedakannya, brokoli berwarna hijau sedangkan kembang kol berwarna putih. Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan tangkai tebal dan sebagian besar dikelilingi oleh dedaunan.
Brokoli mengandung provitamin A (karotenoid), asam folat, vitamin C dan serat makanan yang cukup tinggi. Serat yang terkandung dalam brokoli bermanfaat untuk mencegah sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. Brokoli juga mengandung banyak mineral penting seperti kalsium, potasium, kalium, besi dan selenium. Selain itu, brokoli juga mengandung senyawa glukorafanin yang merupakan bentuk alami senyawa antikanker sulforafana serta mengandung senyawa isotiosianat yang diketahui memiliki aktivitas antikanker.
Untuk mengkonsumsinya, brokoli biasanya direbus atau dikukus terlebih dahulu atau dapat juga dimakan dalam kondisi mentah. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dan vitamin serta nutrisi yang terkandung tidak hilang, sebaiknya brokoli diolah dengan cara dikukus. Namun jika Anda lebih suka merebusnya, sebaiknya jangan lama-lama karena akan menghilangkan sekitar 50% kandungan asam folat di dalamnya. Rebuslah brokoli dengan diberi 1/2 sendok teh garam paling lama 5 menit saja.
Bagi Anda yang bosan dengan olahan brokoli yang itu-itu saja, resep sederhana di bawah ini bisa Anda coba praktekkan di rumah. Selain itu, bahan-bahannya pun sangat mudah untuk diperoleh. Selamat mencoba.
Brokoli goreng tepung
Bahan-bahan :
  • 500 gram brokoli yang sudah dipotong per tangkai
  • 10 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung beras
  • 100 ml susu cair
  • 1 butir telur
  • Garam halus secukupnya
  • 1/3 sendok teh merica bubuk
  • Tepung roti secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Saus sambal secukupnya
Cara Pembuatan :
  1. Masukkan tepung terigu, tepung beras, susu cair, telur, garam dan merica bubuk dalam satu wadah, kemudian aduk sampai rata.
  2. Celupkan tiap tangkai brokoli ke dalam adonan tadi, kemudian gulingkan di atas tepung roti.
  3. Siapkan minyak goreng di atas api yang menyala sedang.
  4. Masukkan satu-persatu brokoli yang sudah dilumuri tepung roti tadi ke dalam penggorengan.
  5. Goreng brokoli hingga warnanya berubah kecokelatan.
  6. Angkat dan tiriskan brokoli yang sudah digoreng.
  7. Hidangkan selagi hangat dengan saus sambal.

1 komentar:

Posting Komentar