Freelance Jobs

Manfaat Vitamin A


Berikut ini adalah beberapa rangkuman bahan sumber Vitamin A yang perlu untuk Anda ketahui:
Vitamin A dari Buah-buahan. Contohnya adalah buah apel, buah manga, buah negeri, buah pepaya, buah pisang, buah kesemek, dan sukun.
Vitamin A dari Sereal. Contohnya adalah pada jagung kuning.
Vitamin A dari Umbi-umbian. Contohnya ada dalam ubi kuning, ubi rambat merah, dan ubi jalar merah.
Vitamin A dari Biji-bijian. Contohnya adalah kacang merah dan kacang ercis.
Vitamin A dari Sayuran. Misalnya dari sayuran bayam, wortel, kangkung, labu kuning , terong, semanggi, bungkil daun talas, daun jambu, daun genjer, kacang panjang , gandaria, kol cina, putri malu, sawi, rumput laut, dan ranti muda.
Vitamin A dari Hewan. Misalnya berasal dari daging ayam, ginjal domba, daging bebek, hati ayam, hati sapi, ikan, dan telur.
Vitamin A dari hasil olahan. Seperti mentega, minyak ikan, kepala susu, minyak kelapa sawit, dan tepung ikan.
Manfaat Vitamin A
Apabila tubuh kita kekurangan vitamin A maka dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Jika tubuh Anda mengalami kekurangan vitamin A, gejala pertama yang muncul biasanya terjadi rabun senja.
Setelah rabun senja semakin parah, akan muncul suatu pengendapan berbusa (bintik Bitot) pada bagian putih mata (sklera). Selanjutnya kornea mata akan menjadi keras dan membentuk suatu jaringan parut (xeroftalmia) yang menjadi penyebab kebutaan permanen.
Selain itu, kekurangan vitamin A juga dapat menyebabkan anemia pada beberapa orang serta peradangan pada kulit (dermatitis) sehingga hal ini meningkatkan kemungkinan kulit terkena infeksi.
Kekurangan vitamin A dapat diatasi dengan memberikan tambahan vitamin A hingga 20x dosis harian selama tiga hari. Kemudian dilanjutkan dengan memberikan vitamin A sebanyak 3 kali dosis harian dalam waktu 1 bulan.
Semoga beberapa ringkasan keterangan Manfaat Vitamin A dapat bermanfaat bagi Anda dan dapat menghindarkan Anda dari resiko kekurangan vitamin A.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

begitu besar manfaat vitamin A, namun tidak jarang banyak diabaikan.
manfaat lidah buaya
cara mengobati sakit gigi

Posting Komentar